MASA DEPAN DIMULAI DARI SEKARANG DARI SSB HAPPYLIFE MEMBANGUN INDONESIA YANG SEHAT SUKSES BAHAGIA
LOGO HL PNG

Cara Mengetahui Ciri Wasir yang Harus Dioperasi

Kamis, 18 Agu 2022 14:25 WIB

Wasir Stadium 4, Satu Kondisi Ambeien Paling Parah Apa yang Harus Dilakukan

KLIKSSB.com – Ciri atau tanda wasir (ambeien) yang harus dioperasi antara lain wasir yang tidak berhasil diobati dengan pengobatan rumahan, ukurannya besar, berdarah dan sakit parah. Jenis wasir yang paling umum yang memerlukan pembedahan adalah wasir luar alias wasir eksternal.

Wasir atau ambeien memang menyakitkan, namun tidak semuanya perlu dioperasi. Operasi ambeien biasanya hanya dilakukan pada kasus yang parah. Sedangkan untuk kasus ringan, umumnya akan ada tanda-tanda wasir akan sembuh setelah satu minggu pengobatan di rumah. Lantas, apa saja ciri-ciri wasir yang harus dioperasi?

Ciri-ciri ambeien yang harus dioperasi

Terkadang wasir sangat menyakitkan. Namun, sebagian besar kondisi ini tidak memerlukan pembedahan dan dapat disembuhkan dengan perawatan wasir di rumah seperti makan makanan tinggi serat, meningkatkan asupan cairan, berendam dalam air hangat, kompres dingin selama 15 menit, mengoleskan gel lidah buaya dan menggunakan obat-obatan untuk mengobati wasir yang dijual bebas.

Hanya sekitar 10% dari wasir yang memerlukan pembedahan atau operasi. Pilihan pengobatan ini biasanya disediakan untuk kasus-kasus yang parah dan tidak menunjukkan tanda-tanda wasir akan hilang meskipun pengobatan dengan berbagai obat umum.

Ciri-ciri ambeien yang harus dioperasi antara lain adalah:

  1. Wasir tidak berhasil ditangani dengan pengobatan rumahan.
  2. Wasir berukuran besar
  3. Terjadi perdarahan rektum
  4. Keadaan darurat, seperti misalnya perdarahan hebat
  5. Terasa sangat mengganggu atau menyakitkan sehingga memengaruhi gaya hidup Anda.
  6. Buang air besar berdarah, yang ditandai dengan feses terlihat berwarna merah marun atau berwarna sangat gelap.

Jika terjadi pendarahan rektum parah dan disertai dengan pusing atau pingsan, segera cari pertolongan darurat untuk dilakukan perawatan yang diperlukan.

Jenis wasir yang sering dioperasi

Semua Hal Penting Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Wasir atau Ambeien Luar1
Gatal dan nyeri di anus tanda atau gejala wasir ambeien luar alias eksternal.

Wasir yang dalam bahasa medis disebut sebagai hemorrhoid dibagi menjadi dua jenis, yaitu internal (dalam) dan eksternal (luar).

Disebut hemorrhoid eksternal atau ambeien luar ketika benjolan muncul di saluran anus, sedangkan wasir internal terjadi di rektum, tepat di atas saluran anus. Kedua jenis wasir dapat menyebabkan masalah, tergantung tingkat keparahan dan ukurannya.

Wasir internal yang tidak diobati dapat menyebabkan perdarahan dan tumbuh menonjol keluar serta menyebabkan nyeri. Sementara wasir eksternal dapat menyebabkan penggumpalan darah (trombosis) yang dapat menyebabkan rasa sakit yang parah khususnya saat terjepit.

Di antara dua jenis wasir tersebut, wasir atau ambeien luar lah yang paling sering memerlukan operasi.

Jenis-jenis operasi wasir

Jika ciri-ciri wasir yang harus dioperasi terjadi pada Anda, maka sebaiknya segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memutuskan tindakan yang paling tepat dalam menangani keluhan Anda.

Berikut ini beberapa jenis operasi wasir atau ambeien yang dapat dilakukan dokter:

1. Rubber band ligation atau banding

Ini adalah prosedur umum untuk mengatasi wasir internal hingga derajat 3, dimana wasir telah menonjol keluar, tetapi bisa masuk kembali dengan didorong. Saat melakukan ligasi dokter akan memasang sebuah pita elastis kecil akan ditempatkan di sekitar pangkal benjolan wasir untuk memotong suplai darahnya. Ini akan menyebabkan wasir menyusut.

2. Skleroterapi

Tindakan ini melibatkan penyuntikan larutan yang bisa menyebabkan wasir menyusut dan menghentikan pendarahan. Terapi ini dapat mengatasi wasir internal derajat dua.

3. Terapi koagulasi

Terapi koagulasi juga disebut fotokoagulasi inframerah. Ini adalah jenis perawatan yang digunakan untuk mengatasi wasir internal tingkat 1-3. Terapi koagulasi menggunakan cahaya inframerah, panas, atau dingin yang ekstrim untuk menarik dan mengecilkan wasir.

Cara ini dilakukan dengan menggunakan teropong yang dimasukkan ke dalam rektum, sehingga memungkinkan dokter untuk melihat area wasir dan melakukan prosedur yang diperlukan.

4. Hemoroidektomi

Hemoroidektomi adalah prosedur pembedahan untuk menghilangkan jaringan berlebihan yang menyebabkan pendarahan. Operasi wasir jenis ini adalah cara paling efektif dan lengkap untuk mengobati wasir yang parah atau berulang (kambuhan).

5. Stapel hemoroid

Stapel digunakan untuk mengatasi wasir derajat 3-4. Staples bedah dapat mengembalikan wasir yang menonjol keluar agar kembali ke dalam rektum, lalu memotong suplai darahnya sehingga jaringan akan menyusut kembali.

Waktu pemulihan untuk stapel lebih singkat dan tidak terlalu menyakitkan dibandingkan hemoroidektomi. Namun, stapel dikaitkan dengan risiko kekambuhan yang lebih besar.

Itulah ciri  atau tanda wasir-ambeien yang harus dioperasi dan cara penanganannya. Untuk meringankan kondisi wasir atau mencegahnya datang kembali, selalu jaga asupan makanan dan penuhi kebutuhan cairan. Gaya hidup aktif juga membantu mencegah sembelit yang dapat meningkatkan risiko wasir.***

Klik tombol WhatsApp di pojok kanan bawah dari layar Mobile atau PC Anda

Temukan dan Ikuti Kami di Sosial Media