MASA DEPAN DIMULAI DARI SEKARANG DARI SSB HAPPYLIFE MEMBANGUN INDONESIA YANG SEHAT SUKSES BAHAGIA
LOGO HL PNG

Mengenal Manfaat Buah GUARANA yang menjadi Primadona Dunia

Jumat, 01 Jul 2022 13:55 WIB

Mengenal manfaat buah Guarana yang menjadi primadona dunia

KlikSSB.com – Guarana (Paullinia Cupana) adalah tanaman merambat dari keluarga Sapindaceae. Daunnya lebar dan memiliki tandan bunga. Kulit buahnya berwarna merah dengan daging buah berwarna putih. Di dalamnya ada biji hitam seukuran biji kopi. Jika kulitnya terbuka, daging dan bijinya akan terlihat seperti bola mata.

Meski dikenal orang Eropa sejak abad ke-16, Guarana baru diperdagangkan pada tahun 1958. Di hutan, tanaman merambat ini digunakan sebagai insektisida untuk mengusir hama pemakan tumbuhan. Buah dan biji Guarana mengandung kafein dua kali lebih banyak dari biji kopi. Senyawa kafein Guarana disebut guaranine.

Orang Guarani yang tinggal di Amerika Selatan biasa membuat teh dari biji Guarana. Setelah dikupas, bijinya dicuci, dikeringkan, kemudian digiling menjadi bubuk halus.

Bubuk tersebut kemudian dibuat menjadi adonan, kemudian dicetak menjadi silinder. Orang biasa menyebutnya roti guarana atau guarana bread. Cara pemakaiannya diparut, lalu dicampur dengan air panas dan gula atau pemanis lain.

Bubuk Guarana juga biasanya digunakan dalam campuran minuman ringan atau minuman energi. Minuman herbal berbentuk serbuk dan kapsul juga sering mengandung ekstrak Guarana. Secara umum, penduduk Amerika Selatan mendapatkan asupan kafein paling banyak dari tanaman rambat satu ini. Brasil, Peru, dan Paraguay menjual produk minuman kesehatan berbasis Guarana paling banyak.

Ada beberapa penelitian tentang efek Guarana. Jika dikonsumsi sebanyak 37,5 mg dan 75 mg, Guarana terbukti dapat meningkatkan daya ingat, kewaspadaan, dan mood. Penelitian lain menunjukkan bahwa campuran Guarana, yerba mate, dan damiana dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Food and Drug Administration telah menyatakan Guarana sebagai suplemen yang aman.

Guarana memiliki efek yang lebih tahan lama dibandingkan kopi, sehingga dapat membuat Anda terjaga sepanjang malam dan tidak bisa tidur.

Konon, Guarana juga bisa mengatasi mabuk, menambah nafsu makan, dan berperan sebagai perangsang seks pada pria. Namun, masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk menguji khasiat Guarana meski sudah ada banyak orang yang mempercayainya.

Melansir laman NCBI dan Healthline, berikut manfaat Guarana:

  1. Memiliki struktur kimia yang mirip kafein
  2. Bermanfaat untuk mencegah terjadinya Alzheimer
  3. Mampu mencegah penurunan fungsi otak
  4. Memiliki status generally regarded as safe (GARD) di Amerika Serikat
  5. Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Di Indonesia sendiri produk-produk kesehatan berbahan baku Guarana belum banyak kita jumpai. Namun demikian ada gambar gembira, karena SSB Happylife sudah meluncurkan produknya ke pasaran. Dengan membawa nama APG yang berarti Acai Berry, Aloe Vera, Probiotik dan Guarana, APG mengemban misi membangun masyarakat Indonesia yang sehat dan berkualitas.

Demikian informasi tentang Guarana buah dari tanaman merambat yang mendunia berkat khasiatnya yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Sudah Anda konsumsi produk dari Guarana?

Klik tombol WhatsApp di pojok kanan bawah dari layar Mobile atau PC Anda

Temukan dan Ikuti Kami di Sosial Media